Home » , , » Inilah 4 Rumus Microsoft Excel Yang Paling Sering Digunakan Yuk Pelajari!

Inilah 4 Rumus Microsoft Excel Yang Paling Sering Digunakan Yuk Pelajari!

Agroindustri ID



AndroidAngels.net - Microsoft Excel atau sering disingkat MS. Excel merupakan spreadsheet berupa tabel-tabel yang berfungsi untuk menghitung, serta menganalisa sesuatu data berupa angka secara cepat dan akurat yang tentunya tidak terlepas dari penggunakan rumus excel. Rumus microsoft excel yang bisa digunakan sangatlah banyak mulai dari rumus penjumlahan excel, perkalian excel, pembagian, rumus logika excel hingga rumus yang sangat rumit. Namun kali ini saya akan coba ulas tentang rumus dasar excel yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Jika Anda pedagang yang paling penting Anda ketahui adalah rumus penjumlahan excel, pengurangan dan perkalian, namun jika Anda adalah seorang guru, mungkin Anda akan lebih banyak menggunakan rumus persentase excel dan rumus rata-rata excel untuk menghitung nilai hasil ujian dari murid Anda, semua itu merupakan rumus-rumus excel dasar yang penggunaannya sangat sederhana. Berikut ini saya coba rincikan beberapa rumus excel yang paling sering digunakan.

1. Rumus Penjumlahan Excel

Meskipun penjumlahan sangat mudah dilakukan, namun rumus excel penjumlahan ini merupakan rumus yang paling sering digunakan untuk keperluan sehari-hari. Menggunakan rumus Excel penjumlahan ini cukup dengan menghubungkan beberapa angka atau cell dengan tanda plus (+) yang sebelumnya harus diawali dengan tanda “sama dengan” (=).

Misalnya: (cara 1). Anda ingin menjumlahkan 250 + 300 maka didalam salah satu cell excel ketikkanlah =250+300 lalu tekan enter. (cara 2). Anda bisa juga menjumlahkan antara Cell yang satu dengan Cell yang lainnya dengan memasukkan kode Cell pada rumus penjumlahan tersebut seperti =C1+C2 yang artinya Anda menjumlahkan angka yang ada di cel C1 dengan angka yang da di cel C2. (cara 3). Anda juga bisa menggunakan rumus sum excel untuk memudahkan penjumlahan dengan cepat dengan cara =SUM(C2:C3) yang artinya Anda menjumlahkan dari cel C1 hingga cell C2. Lihat Gambar dibawah ini.


2. Rumus Pengurangan Excel

Caranya hampir sama seperti penjumlahan excel, hanya saja tanda plus (+) diganti menjadi tanda minus (-), baik langsung antar angka (contoh: =300-250), maupun antar cell (Contoh: =C1-C2). Selalu awali tanda “=” (sama dengan) dalam setiap rumus excel. namun Anda tidak bisa menggunakan rumus SUM dalam pengurangan, karena rumus SUM hanya untuk penjumlahan.


3. Rumus Perkalian Excel

Jika Anda ingin mengalikan antara satu angka dengan angka yang lain cukup dengan menghubungkan angka tersebut dengan tanda “*” (bintang) misalnya perkalian antaran Cel C3 dengan C2 cukup dengan mengetikkan =C3*C2 didalam cell yang Anda ingin lihat hasilnya kan keluar.


4. Rumus Pembagian Excel

Rumus pembagian juga hampir sama hanya bedanya kode pembagian adalah tanda “/” (garis miring). caranya sama dengan ketiga cara diatas



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Android Angels - We create better world


Agroindustri ID

0 komentar:

Posting Komentar