Home » » Kenali 6 Macam Butter Agar Anda Tidak Salah Pilih Ketika Membuat Kue

Kenali 6 Macam Butter Agar Anda Tidak Salah Pilih Ketika Membuat Kue

Agroindustri ID



AndroidAngels.net - Sudah tentu, Anda tahu apa kegunaan butter dalam masakan. Produk yang terbuat dari lemak hewani yang difermentasikan ini rupanya memang menjadi bahan andalan untuk membuat appetizer, main course, ataupun dessert. Namun tahukah Anda jika produk ini memiliki macam-macam jenis yang berbeda kegunaannya? Untuk itu, yuk simak apa saja jenis yang harus Anda kenali dari produk yang juga disebut mentega ini.

Jenis-Jenis Butter


Mungkin, ada sebagian besar dari Anda yang belum tahu apa bedanya margarin dan mentega atau bahasa kerennya butter. Hal inilah yang sering membuat Anda salah dalam memasak sehingga terkadang resep yang dicoba menjadi tidak enak. Nah, apakah beda antara margarin dan mentega itu?

Secara singkatnya, margarin adalah lemak nabati yang berasal dari kelapa sawit yang dihidrogenasi. Inilah mengapa teksturnya lebih keras dari mentega dan rasanya tidak terlalu gurih. Sementara itu, mentega berasal dari lemak susu sapi yang mana tentu hasilnya akan jauh lebih lembut, mudah leleh, dan wangi dibanding margarin itu sendiri.

Adapun untuk jenis-jenis mentega sendiri juga dibedakan dari unsalted atau tidak, juga dari harga dan kualitasnya. Berikut adalah jenis-jenisnya, yaitu :

1. Cultured Butter

Mentega yang terbuat dari krim susu yang difermentasi dengan bakteri ini memiliki rasa yang cukup tajam dan khas. Biasanya, mentega ini dipakai untuk olesan kue karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi.

2. European Butter Jenis mentega yang kedua ini rupanya dibuat dengan waktu yang sangat lama. Namun tentunya, hasil olahan dari mentega ini sangat bagus karena 82% yang keluar adalah lemak susu. Itulah mengapa mentega ini dibuat untuk adonan kue agar fluffy.

3. Light Butter

Mentega yang kandungan kalorinya 50% lebih rendah dari mentega pada umumnya ini memang terbuat dari asam laktis, air, dan bahan lainnya. Lantaran kalorinya yang rendah dan kandungan airnya yang tinggi, maka jenis mentega ini kerap dipakai untuk memasak menggantikan minyak.

4. Salted Butter

Jenis mentega yang tidak tawar alias asin ini kerap dipilih untuk memasak martabak dan olesan roti. Selain itu, mentega satu ini juga bisa untuk memasak sayuran atau bahkan membuat adonan kue. Jadi bisa dikatakan jika jenis mentega satu ini sangat multiguna.

5. Unsalted Butter

Jenis mentega ini kebalikan dari mentega asin. Nah, lantaran rasanya yang tawar inilah, mentega satu ini sering dipakai oleh orang yang menderita tekanan darah tinggi dalam memasak makanan mereka. Hal ini karena selain tidak asin, mentega ini juga mengandung 80% susu.

6. Whipped Butter

Terakhir, ada mentega yang mengandung gas nitrogen sehingga kepadatannya sangat kurang apabila dibandingkan dengan jenis mentega lainnya. Selain itu, mentega yang cocok untuk roti bakar dan pancake ini bertekstur sangat ringan sehingga hampir seperti whipped cream. Harap diingat, mentega ini hanya untuk olesan dan tidak dianjurkan untuk memasak. Demikian uraian mengenai jenis-jenis butter atau mentega yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.



Kamu suka artikel di atas? Jika suka silakan klik bagikan pada artikel ini 

Android Angels - We create better world


Agroindustri ID

0 komentar:

Posting Komentar